Tuesday 19 June 2012

Deterjen VS Sabun Alami



Perbedaan sabun dan deterjen
Memang apa bedanya sabun dan deterjen? Jelas beda dong, sabun adalah hasil proses penetralan asam lemak dengan menggunakan alkali. Deterjen adalah campuran zat kimia dari sintetik maupun alam yang memiliki sifat dapat menarik zat pengotor dari media. Jadi kalau kita disuruh membandingkan mana yang lebih baik deterjen atau sabun, jelas beda fungsinya. Sabun biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran yang berhubungan langsung dengan kulit manusia seperti sabun mandi/ sabun handsoap. Sedangkan, deterjen digunakan untuk membersihkan pakaian, lantai dll yang tidak berhubungan dengan tubuh manusia. Apa jadinya jika bahan untuk pembersih pakaian digunakan untuk membersihkan kulit? Tentunya kulit manusia sangat berbeda dengan cucian pakaian bukan?

Gliseryn
Dalam proses pembuatan sabun dari bahan alami akan menghasilkan produk sampingan yakni gliseryn. Bahan ini merupakan moisturizer yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Namun pada industry pembuatan bahan sabun, griseryn dipisahkan dan dijual tersendiri karena mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Biasanya gliseryn digunakan untuk produk-produk lotion atau kosmetik. Sebagai gantinya, industry sabun mandi mengganti glyserin dengan bahan sintetik kimia yang bisa saja tidak sesuai dengan tubuh kita.
Jadi apa yang yang dapat kita lakukan?

Komposisi Bahan Sabun Komersial
Ketika membeli produk sabun, perhatikan komposisi bahan pembentuknya. Dalam kemasan biasanya tercantum ingredients. Apakah kandungan sabun mandi yang kita beli mengandung bahan tambahan dibawah ini?
Surfactant : Sodium Lauryl Sulfate (SLS), DEA Lauryl Sulfate, Sodium Laureth Sulfate. Fungsinya sebagai pembentuk busa.Merupakan bahan utama pembuatan deterjen. Diperdebatkan sebagai penyebab kanker dan polutan berbahaya
Solvent (lubricant) : Dipropylene Glycol (DPG), Isopropyl Myristate (IPM). Digunakan sebagai pelembab buatan, bahan ini dapat meresap ke dalam kulit & mencapai pembuluh darah. Dapat merusak hati dan organ lain

No comments:

Post a Comment